Cara Membuat Blog Untuk Bisnis yang Mudah dan Murah Lengkap


Cara Membuat Blog – Blogging adalah kesibukan yang semakin lama banyak digemari oleh penduduk Indonesia selagi ini. Semakin banyak blogger baru yang bermunculan dengan dengan dengan dengan topik dan jenis postingan yang berbeda-beda. Untuk mempunyai efek blog, sesungguhnya ada banyak sekali platform yang sanggup kita gunakan, seperti: WordPress, Tumblr, Blogger, Weebly, Webs, Jigsy, dan selalu banyak lagi. Namun, saya menyimak umumnya blogger Indonesia memanfaatkan WordPress dan Blogger (blogspot). Karena itu saya sanggup mengupas sedikit mengenai cara buat blog di ke dua platform ini.Oh ya, Saya mempunyai efek artikel ini tertentu untuk teman-teman yang belum tahu cara mempunyai efek blog, baik itu di WordPress ataupun di Blogger. Jadi, terkecuali Anda telah tahu caranya, menurut saya tidak perlu membaca artikel ini lagi. Nah, untuk teman-teman yang belum tahu cara buat blog di WP atau Blogger silakan lanjutkan membaca, dan jangan lupa siapkan camilan dan minuman gara-gara artikel ini agak panjang hehehe.

Sebelumnya, saya beri tahu pernah bahwa ke dua layanan ini – WordPress dan Blogger – beri tambahan layanan gratis untuk mempunyai efek blog. Namun, biarpun keduanya beri tambahan layanan gratis untuk blogging, ke dua platform ini mempunyai perbedaan satu mirip lain. Nah, pelajari pernah apa saja berlebihan dan kekurangan ke dua platform ini agar tahu platform mana yang paling cocok dengan dengan dengan dengan Anda.I. Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com (Blogspot)Blogger.com adalah platform blogging gratisan punya Google. Anda sanggup mempunyai efek blog dengan dengan dengan dengan gratis di blogger, baik itu memanfaatkan subdomain dan hosting gratis ataupun memanfaatkan domain sendiri dengan dengan dengan dengan hosting gratis di blogger. Nah, artikel ini sanggup mengupas cara mempunyai efek blog di Blogspot dengan dengan dengan dengan subdomain dan hosting gratis berasal berasal berasal dari Blogger.com.

Sebelum mempunyai efek blog di blogger, saya menambahkan arahan Anda untuk mempunyai account e mail di Google mail (gratis). Ini sanggup memudahkan proses pembuatan blog Anda. Kalau Anda belum tahu cara mempunyai efek email, sanggup membaca postingan saya pada awalannya mengenai cara mempunyai efek email. Kalau Anda telah mempunyai account e mail di Gmail, segera saja ikuti proses mempunyai efek blog di blogspot, setelah itu ini adalah langkah-langkahnya:1. Langkah pertama adalah terhubung web site site site Blogger.com, klik link setelah itu untuk terhubung Blooger berbahasa Indonesia di browser Anda Blogger.com 2. Pada halaman Blogger.com klik tombol “Buat Blog” atau tombol “Masuk”. Anda sanggup di arahkan ke halaman untuk masuk ke account Google. Masukkan alamat emai Gmail ke kolom yang telah disediakan, setelah itu klik tombol Berikutnya Login ke account Google 3. Masukkan password e mail Anda, ke kolom yang di sediakan. Klik tombol Berikutnya 4. Jika Anda baru pertamakali mempunyai efek blog di Blogger, maka Anda perlu memilih profil account Google yang sanggup digunakan. Anda sanggup memanfaatkan account Blogger biasa  ataupun account Google+. Di artikel ini saya menambahkan arahan untuk memanfaatkan account Google+, klik tombol Buat Profil Google+

5. Formulir isian profil Google+ Anda sanggup terisi secara otomotis. Jika ada meminta membuat pergantian knowledge diri, terkecuali membuat pergantian nama, jenis kelamin, dan  tanggal lahir, Anda sanggup mengubahnya di halaman ini. Jika telah selesai mengedit, klik BUAT PROFILE. 6. Selanjutnya Anda sanggup diarahkan ke halaman setelah itu di mana Anda sanggup beri tambahan foto profil untuk account Google Anda. Bila tidak meminta beri tambahan foto, maka Anda tinggal klik LEWATI. Tapi terkecuali Anda meminta beri tambahan gambar profile, maka Anda sanggup klik logo Kamera pada halaman tersebut, setelah itu upload gambar. Setelah proses upload gambar selesai, klik tombol SIMPAN. 7. Saat ini Anda telah selesai mempunyai efek account Google+ Anda. Selanjutnya Anda klik Lanjutkan ke Blogger

8. Untuk jadi mempunyai efek blog baru Anda, klik tombol BUAT BLOG BARU, melihat gambar setelah itu 9. Anda sanggup diarahkan ke halaman setelah itu di mana Anda sanggup memasukkan “Judul Blog”, memilih nama/ alamat subdomainnya, dan memilih Tema blog Anda Pada anggota Judul, silakan mengisi dengan dengan dengan dengan Judul Blog Anda, terkecuali “Belajar Membuat Blog” Pada anggota Alamat, silakan mengisi dengan dengan dengan dengan alamat URL blog Anda, terkecuali “maxbikinblog.blogspot.com” Pada anggota Tema, Anda sanggup memilih tidak benar satu tema standar yang di sajikan oleh Blogger.10. Setelah semua diisi, silakan klik tombol Buat Blog

11. Sampai di sini Anda telah mempunyai blog baru. Tapi sesungguhnya ini belum selesai, setelah itu Anda perlu lakukan lebih berasal dari satu pengaturan dan mempelajari lebih berasal dari satu navigasi di halaman kerja Blogger. Sedikit penjelasan mengenai menu atau navigasi dashboard Blogger: Pos: Daftar artikel yang telah ditulis, telah diterbitkan, dan artikel yang selalu di didalam bentuk draft. Statistik: Data statistik mengenai blog Anda, Data cermat mengenai trafik pengunjung blog Anda diantaranya kuantitas pengunjung, kuantitas postingan, dan kuantitas artikel. Komentar: Pada halaman ini, Anda sanggup melihat komentar yang masuk. Anda termasuk sanggup mengedit atau terutama menghapus komentar yang tidak diinginkan. Kampanye: menampilkan menu yang terjalin dengan dengan dengan dengan Adwords, yakni layanan periklanan punya Google. Mungkin selagi ini Anda belum perlu fitur ini, jadi tinggalkan saja pernah Laman: Halaman statis layaknya page pada WordPress. Biasanya digunakan untuk halaman About, TOS, dan lain-lain. Tata Letak: Pada halaman ini Anda sanggup menyesuaikan layout blog Anda, beri tambahan atau menyesuaikan posisi widget. Tema:  Pada halaman ini Anda sanggup mengganti tema blog cocok dengan dengan dengan dengan keinginan. Setelan: Halaman ini digunakan untuk menyesuaikan setelan blog, pengaturan berapa artikel yang sanggup ditampilkan di halaman utama (homepage), pengaturan bahasa, komentar dimoderasi apa tidak, dan lain-lain.

2. Posting Konten di Blogger Untuk mempunyai efek postingan konten pada Blogger sesungguhnya caranya terlampau mudah, setelah itu ini langkah-langkahnya: Langkah pertama adalah lakukan klik pada tombol Entri Baru Buat judul konten: buat judul singkat saja gara-gara blogger membatasi kuantitas pembawaan untuk judul postingan. Masukkan artikel atau konten lain pada halaman konten yang telah di sajikan oleh blogger. Anda sanggup memasukkan konten berwujud text, gambar, dan termasuk video. Anda sanggup memasukkan link, mengganti format text, dan lain-lain, dengan dengan dengan dengan bantuan menu formating yang ada di bawah judul konten. Isi label/ kategori yang cocok dengan dengan dengan dengan konten yang Anda buat, setelah itu klik tombol “Selesai” dibagian bawah kolom label.Anda termasuk sanggup menjadwalkan selagi posting konten setelah itu cocok dengan dengan dengan dengan keinginan, mempunyai efek tautan permanen, beri tambahan lokasi, terutama beri tambahan pilihan lainnya cocok dengan dengan dengan dengan kebutuhan. Jika Anda telah percaya sanggup mempunyai efek konten Anda online, silakan klik tombol “Publikasikan”.

Konten Anda telah online dan sanggup dibaca orang lain.Untuk login ke dashboarb Blogger, Anda memadai memanfaatkan alamat e mail Gmail dan password yang digunakan untuk mendaftar di Blogger.com Simpan alamat e mail Gmail dan password Anda dengan dengan dengan dengan baik agar mudah digunakan selagi meminta login ke Blogger. Sampai di sini pasti saja Anda telah memadai tahu cara mempunyai efek blog gratis di blogger. Anda termasuk sanggup mengganti tema blog Anda atau menyesuaikan tampilan widget. II. Cara Membuat Blog Gratis di WordPress.co Script WordPress sanggup digunakan untuk domain dengann hosting sendiri ataupun digunakan secara gratisan. Namun, artikel ini sanggup mengupas cara mempunyai efek blog gratis di WordPress.com, di mana kita sanggup nikmati semua layanan dengan dengan dengan dengan gratis, baik itu subdomain dan termasuk hosting-nya. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Langkah pertama adalah terhubung web site site site WordPress, klik atau terhubung URL ini di browser Anda id.wordpress.com 2. Setelah halaman WordPress terbuka, silakan masukkan alamat web site site site yang Anda inginkan, terkecuali BlogTersayang.wordpress.com. Lalu klik tombol “Buat Situs Web”. Lihat  gambar di bawah ini: 3. Akan nampak halaman baru. Pada halaman ini, Anda sanggup diminta mengisi kolom-kolom, layaknya alamat e mail Anda, nama pengguna (untuk login), password, dan alamat blog. Alamat email: mengisi dengan dengan dengan dengan alamat e mail Anda Nama pengguna: Gunakan nama Anda atau variasi nama Anda (misalnya: nana89), ini untuk user name selagi login ke dashboar WP Password: mengisi dengan dengan dengan dengan password yang kuat dan mudah diingat Pastikan alamat blog: cek ulang alamat untuk blog Anda, terkecuali “BlogTersayang.wordpress.com” Jangan lupa klik link yang bertuliskan “akan memanfaatkan alamat yang gratis” Setelah semua kolom telah diisi, klik tombol “Buat Blog” yang ada di anggota bawah.

4. Pihak WordPress sanggup mengirimkan link untuk verifikasi ke e mail Anda. Buka e mail Anda, temukan e mail berasal berasal berasal dari wordpress.com dan klik link di di didalam e mail tersebut. Lihat gambar 5. Setelah lakukan verifikasi dengan dengan dengan dengan cara yang dijelaskan pada cara 4 di atas (klik link verifikasi), nanti sanggup terbuka tab baru di browser dan Anda sanggup melihat halaman dashboard WordPress punya Anda. Lihat GambarLangkah setelah itu Anda sanggup saja meminta mempunyai efek sebuah logo atau favicon untuk blog yang baru Anda buat. Untuk menunjang Anda mempunyai efek logo dan favicon, Anda sanggup memanfaatkan online logo maker layaknya Logaster. Buka web site site site Logaster dan Anda sanggup mempunyai efek Logo paling baik untuk blog baru Anda.

Pengaturan, Desain dan Posting di Blog WordPress Sampai cara 5 di atas sesungguhnya Anda telah mempunyai blog WordPress. Anda sanggup melihat tampilan blog dengan dengan dengan dengan mengetikkan nama blog Anda di browser. Namun, sanggup saja Anda jadi tidak cocok dengan dengan dengan dengan tampilan default berasal berasal berasal dari WordPress. Anda sanggup jadi lakukan lebih berasal dari satu settingan pada blog WP anda, terkecuali mempunyai efek judul blog, mempunyai efek tag line atau deskripsi singkat, mengganti themes, memasang widget dan lain-lain.1. Pengaturan Blog WP Untuk mempunyai efek pengaturan di blog WordPress, Anda sanggup melakukannya di di didalam dashboard WP Anda dengan dengan dengan dengan terhubung tombol link “Pengaturan“. Pada anggota pengaturan terkandung sub-sub kategori pengaturan yang sanggup Anda edit. Menurut saya, yang paling perlu pada anggota ini adalah pengaturan; umum, menulis, membaca, diskusi,  Berikut ini penjelasan singkatnya:

Umum: Pada anggota ini Anda sanggup mengganti judul blog dengan dengan dengan dengan judul yang cocok dengan dengan dengan dengan keinginan, dan termasuk beri tambahan tagline untuk blog Anda. Selain itu, Anda termasuk sanggup lakukan lebih berasal dari satu pengaturan lainnya di halaman ini, terkecuali beri tambahan ikon untuk blo, mengganti format tanggal dan waktu. Jangan lupa untuk menyimpan perubahaan yang Anda lakukan.Menulis: Pada anggota ini Anda sanggup mempunyai efek pengaturan tulisan, memilih kategori postingan standar. Membaca: Di sini Anda sanggup menyesuaikan postingan yang ditampilkan pada halaman utama blog Anda. Anda sanggup mempunyai efek halaman statis ataupun dinamis, tapi arahan saya gara-gara ini adalah blog maka sanggup lebih baik terkecuali Anda menampikan halaman dinamis. Pada halaman ini Anda termasuk sanggup memilih kuantitas artikel yang tampil di halaman utama, dan lain-lain. Bila Anda tidak meminta mengenai khusus, biarkan saja settingan di halaman ini secara default.

Diskusi – Di sini Anda sanggup menyesuaikan bagaimana orang lain sanggup berkomentar di blog Anda. Jika Anda tidak meminta mengenai yang khusus, sebaiknya biarkan saja settingan default pada halaman ini. 2. Desain Blog WPAnda termasuk sanggup mengganti Themes dan beri tambahan widget untuk Blog WordPress Anda. Mengatur themes dan widget sanggup mempunyai efek blog WP nampak lebih baik dan cocok dengan dengan dengan dengan permohonan pelmilik blog. Buka tombol link “Tampilan” yang ada di dashboard blog wordpress Anda. Menurut saya anggota yang paling perlu di sini adalah Tema, Widget, Menu. Berikut penjelasan singkatnya:

Tema: Pada anggota ini Anda sanggup memilih theme/ tema yang cocok dengan dengan dengan dengan permohonan Anda. Di WordPress.com ada banyak sekali tema gratisan dengan dengan dengan dengan tampilan yang bagus. Perhatikan, jangan sampai memilih theme premium, memilih saja tema gratisan.Widget: Di sini Anda sanggup beri tambahan lebih berasal dari satu widet yang Anda meminta yang sanggup nampak di anggota side bar blog WordPress Anda. Perhatikan, jangan terlampau banyak memasukkan widget sanggup memengaruhi kecepatan loading blog Anda.

Menu: Anda sanggup beri tambahan lebih berasal dari satu link untuk menu melalui halaman ini. Misalnya Anda meminta mempunyai efek halaman about, halaman kontak, privacy policy, dan lain-lain, Anda sanggup membuatnya di halaman ini. 3. Posting Konten di WordPressLangkah setelah itu adalah mempunyai efek postingan artikel. Untuk memposting artikel atau konten lainnya, sanggup melalui tombol link “Tulisan”. Perhatikan link yang ada di dashboard Anda: Semua Tulisan: ini adalah link untuk melihat semua postingan artikel yang ada di blog Anda. Tambah Baru: ini adalah link untuk mempunyai efek postingan/ konten baru di di didalam blog Anda. Kategori: ini adalah link untuk melihat atau beri tambahan kategori baru di blog wordpress Anda.

Untuk mempunyai efek postingan di WordPress.com menurut saya terlampau mudah, terutama jauh lebih mudah dibandingkan dengan dengan dengan dengan platform lain. Yang perlu Anda menyimak pada halaman mempunyai efek konten adalah sebagai berikut:Judul konten: Buat judul yang cocok dengan dengan dengan dengan konten. Halaman konten: Anda sanggup beri tambahan konten berwujud text (artikel), gambar, dan video di halaman ini. Menu formating: Perhatikan menu formating yang ada di halaman kerja WordPress. Anda sanggup beri tambahan link, menyesuaikan text, mengganti warna text, meningkatkan gambar dan video, dan lain-lain. Kategori dan Tag: Jangan lupa untuk mempunyai efek kategori dan tag untuk masing-masing konten Anda. Ini sanggup memudahkan Anda dan pembaca blog Anda untuk melihat konten dengan dengan dengan dengan kategori atau tag tertentu. Jika Anda telah percaya dengan dengan dengan dengan konten Anda, silakan klik tombol “Terbitkan” yang ada di sebelah kanan halaman kerja WordPress.

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, pasti saja Anda telah sanggup mempunyai efek blog WordPress sendiri ya. Langkah yang dijelaskan di atas sesungguhnya memadai sederhana, dan terkecuali Anda meminta mempunyai efek tampilan blog lebih baik lagi, Anda sanggup berkreasi lebih jauh. Namun, perlu Anda ketahui bahwa WordPress.com beri tambahan batasan pada penggunanya di didalam mengedit kode-kode html di di didalam blog WordPress.Catatan Penting: Untuk masuk ke dashboard blog WordPress Anda, tuliskan alamat blog Anda di browser dengan dengan dengan dengan beri tambahan /wp-admin. Contoh caramembuatblogby.wordpress.com/wp-admin, setelah itu masukkan email/username dan password Anda. eMail/Username dan password ini telah Anda buat berasal berasal berasal dari awal selagi mempunyai efek blog di WordPress.com. Simpan username dan password Anda dengan dengan dengan dengan baik, agar mudah digunakan selagi Anda meminta login ke blog Anda. “Bila Anda meminta mempunyai domain dan hosting sendiri, Anda sanggup mendapatkannya di Niagahoster”.

Demikianlah penjelasan singkat cara mempunyai efek blog Gratis di WordPress dan Blogger. Mudah-mudahan artikel ini sanggup menunjang teman-teman yang belum tahu cara mempunyai efek blog gratisan. Jika ada mengenai yang tidak memadai tahu dan meminta ditanyakan mengenai artikel di atas, silakan kirim pertanyaan di anggota komentar. Terimakasih telah membaca artikel saya :)

No comments for "Cara Membuat Blog Untuk Bisnis yang Mudah dan Murah Lengkap"