4 Makna Salib Bagi Kristen Lengkap


Sebagai umat yang beragama Kristen, sanggup saja tidak asing ulang bagi kita untuk melihat atau menjumpai salib di di di didalam keseharian. Bisa saja salib itu terpasang di di di didalam tidak benar satu ruangan di di di di didalam area tinggal atau terutama kita termasuk memakai accessories salib. Tidak hanya perempuan, laki-laki termasuk biasa memakai accessories salib ini. Banyak orang Kristen yang memakai accessories salib untuk menunjukkan bahwa dirinya adalah pengikut Kristus. Namun tidak sedikit pula orang yang memakai accessories salib ini untuk sekadar ‘bergaya’ saja. Lalu sesungguhnya apa arti salib itu sendiri bagi umat Kristen?Salib sendiri telah ada di di di didalam kebudayaan pra-Kristen dan non-Kristen yang jadi dasariah atau lambang universal. Bahkan dikatakan bahwa salib telah umum digunakandi Mesir, Kreta, Mesopotamia, India dan termasuk Cina. Salib berasal berasal berasal dari kata Yunani stauros, yang merupakan kata yang berasal berasal berasal dari kata kerja stauroĆ“. Dalam bhs

Latinnya, salib disebut dengan dengan dengan dengan crux atau crucifigo.Baik di di di didalam bhs Yunani maupun bhs Latin, kata salib ini mempunyai dua arti. Arti yang pertama merjuk pada kayu balok yang didirikan dengan dengan dengan dengan tegak. Sedangkan arti yang ke dua merujuk pada kayu balok yang digunakan sebagai alat untuk menghukum mati seseorang. Hukuman mati dengan dengan dengan dengan kayu salib ini kita sanggup melihat di di di didalam Perjanjian Baru yakni di di di didalam kisah penyaliban Yesus.Menurut Herodotus, seorang Sejarawan Roma, hukuman salib ini berasal berasal berasal dari Babilonia yang di menerima oleh hukum Romawi melalui Persia dan Fenesia. Hukuman salib ini kemudan dterapkan dan jadi rutinitas di Kekaisaran Romawi untuk menghukum para bdak, penduduk setempat dan penjahat kelas rendah untuk pelihara keamanan dan stabilitas pada era itu. Menurut laporan yang diterima, Flavius Yosephus menunjukkan bahwa banyaknya penyaliban di Roma telah memanfaatkan banyak kayu. Pada era itu, penyaliban merupakan bentuk eksekusi yang paling keras, kejam dan tidak baik tidak benar satu dua hukuman lainnya layaknya dibakar dan dipenggal.

Pada zaman dahulu, salib dilambangkan sebagai suatu hukuman yang memiliki tujuan bagi orang-orang yang tidak taat dengan dengan dengan dengan aturan. Dikatakan pula bahwa hukuman salib merupakan hukuman yang paling kejam pada era itu. Kita sanggup melihat kejamnya hukuman salib ini di di di di didalam Alkitab. Salib yang memiliki tujuan pada zaman dahulu dengan dengan dengan dengan era kini telah pasti berbeda. Lalu bagaimanakah salib di di di didalam kehidupan era kini? Berikut sanggup dijelaskan salib yang dimaksud.

1. Salib di di di didalam kehidupan GerejaBagi kehidupan gereja, salib merupakan suatu mengenai yang terjalin dengan dengan dengan dengan pewartaan yang dijalankan di tengah-tengah kehidupan berjemaat. Pokok di di di didalam pewartaannya sendiri terjalin dengan dengan dengan dengan realitas keselamatan yang diberikan oleh Kristus. Gereja mewartakan karya keselamatan Allah melalui salib itu di mana Yesus mati di kayu salib untuk menebus dan menyelamatkan manusia. Dimana keselamatan hanya sanggup diperoleh oleh manusia melalui diri Kristus itu sendiri.Luther menunjukkan bahwa pemberitaan yang benar adalah hikmat yang berasal berasal berasal dari salib. Pewartaan yang memiliki tujuan ini artinya salib Kristus merupakan ukuran pemberitaan, baik itu pernyataan Allah, kasih dan termasuk karuniaNya dan termasuk penyelamatan yang dijalankan oleh Kristus. Karena mengenai inilah, kehidupan gereja perlu melihat dan tahu bahwa salib itu merupakan tidak benar satu jalan keselamatan dan bukan penyempurnaan hidup maupun usaha manusia.

2. Salib di di di didalam orang Kristen era kiniBerbicara mengenai salib, masing-masing orang Kristen era kini memikul salibnya masing-masing. Salib yang dipikul oleh umat Kristen tidaklah di di di didalam arti yang sesungguhnya di mana seseorang perlu memikul salib yang berat layaknya yang dijalankan oleh Yesus. Salib yang memiliki tujuan di sini merupakan ujian dan pencobaan yang dialami di di di didalam kehidupan.Setiap orang pasti memiliki persoalan dan persoalan itu merupakan salib yang kita pikul pada selagi ini. Berat memang, tapi beratnya salib yang kita pikul tidak sanggup melebihi batas kebolehan kita sebagai manusia. Tuhan sendiri selalu menyertai dan menunjang kita agar selagi kita jatuh tidak sanggup sampai tergeletak dan selagi tidak ulang ada harapan Tuhan sanggup beri tambahan jalan keluar.Dapat dikatakan pula, salib merupakan lambang keterlibatan Allah. Melalui salib, kita tahu dan tahu bahwa Allah turutterlibat di di di didalam masing-masing persoalan hidup yang kita alami. Dengan salib pula kita dipersatukan dengan dengan dengan dengan Dia dan dengan dengan dengan dengan sesama kita. Allah turut bekerja dan selalu ada di di di didalam segala faktor kehidupan manusia.Tidak sedikit orang membatasi salib di di di didalam artian yang salah. Adapun lebih berasal berasal dari satu pengertian yang tidak benar mengenai salib pada lain:

1. Salib sebagai jimatPada selagi ini tidak sedikit orang yang membatasi salib sebagai jimat. Salib dianggap sebagai pembawa keberuntungan dan berkah. Bahkan tidak sedikit pula orang yang mengagungkan salib sebagai suatu mengenai yang sanggup melancarkan pendidikan maupun pekerjaan. Salib termasuk dianggap sebagai suatu mengenai yang sanggup mempunyai kebahagiaan.

2. Salib sebagai lambang kebolehan Salib kerap kadang disalahartikan sebagai lambang kekuatan. Dengan memakai salib seseorang jadi dirinya jadi lebih kuat dan termasuk sanggup lakukan banyak hal. Kepercayaan dirinya jadi meningkat dan justru mengarah pada kesombongan.

3. Salib sebagai penentu keimanan Pada selagi ini ada sebuah tren yang nampak di mana seseorang yang memakai salib dianggap sebagai orang yang beriman kepada Allah dan telah memaknai kekristenannya dengan dengan dengan dengan baik. Tentunya pengertian ini tidak benar gara-gara yang memilih iman dan kepercayaannya kepada Kristus bukanlah salib melainkan iman berasal berasal dari orang itu sendiri.

4. Salib sebagai hiasan yang berestetika Salib kerap kadang dignakan oleh seseorang sebagai hiasan yang berestetika. Pada selagi ini banyak sekali salib yang dibikin dengan dengan dengan dengan banyak ragam hiasan yang meningkatkan keindahannya. Orang Kristen justru banyak yang melihat salib itu berasal berasal dari faktor keindahannya dan justru pandang remeh arti salib yang sebenarnya. Seberapa pun mahalnya salib yang kita memiliki dan seberapa pun indahnya salib itu, terkecuali kita tidak memaknai salib itu dengan dengan dengan dengan baik bukankah itu mirip sekali tidak artinya di di di didalam kehidupan kita?Makna Salib Yang Sesungguhnya Pada selagi ini kita diajarkan untuk memaknai salib itu. Adapun arti salib yang sesungguhnya adalah sebagai berikut.

1. Salib sebagai perdamaian Pada dasarnya manusia tidak sanggup memperdamaikan dirinya sendiri dengan dengan dengan dengan Allah akibat dosa yang telah diperbuatnya. Karena tidak sanggup memperdamaikan dirinya sendiri itulah pertalian manusia dengan dengan dengan dengan Allah jadi rusak. Namun, gara-gara kehidiran Tuhan Yesus dan melalui salibNya kita diperdamaikan dengan dengan dengan dengan Allah. Allah tidak diperdamaikan dengan dengan dengan dengan siapa pun juga. Namun justru Allah lah yang mengadakan perdamaian itu. Perdamaian yang Allah beri tambahan itu tidak ternilai harganya dan diberikan secara cuma-cuma kepada mereka yang percaya kepadaNya.

2. Salib sebagai pembenaranSeperti yang kita ketahui, upah dosa ialah maut. Karena semua manusia telah berdosa maka manusia sanggup jatuh ke di di di didalam maut. Namun, Allah berjanji untuk beri tambahan keselamatan dan janjiNya telah digenapi di di di didalam diri Tuhan Yesus. Oleh gara-gara itu kita capai pembenaran melalui anugerah dan kasih yang Allah berikan. Manusia dibenarkan gara-gara iman yang dimilikinya di di di di didalam Yesus Kristus dan bukan melalui perbuatannya.

3. Salib sebagai penebusanTuhan Yesus telah beri tambahan manusia penebusan atas dosa-dosa yang telah diperbuatnya melalui salib yang dipikul oleh Tuhan Yesus. Karena salb nlah, dosa manusia telah ditebus agar ia capai keselamatan. Demikianlah artikel ini dibuat. Kiranya artikel ini sanggup jadi berkat agar kita semua sanggup memaknai salib yang telah Yesus beri tambahan di di di didalam hidup ini.

 

No comments for "4 Makna Salib Bagi Kristen Lengkap"